Perkembangan teknologi yang begitu pesat sangat berpengaruh
terhadap dunia pendidikan, Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan
dan terhadap proses pembelajaran Media Komputer dimanfaatkan dalam pembelajaran
karena memberikan keuntungan yang tidak dimiliki oleh media pembelajaran
terutama yaitu kemampuan komputer untuk berinteraksi secara individu dengan
siswa. pembelajaran ini dapat meningkatkan motifasi belajar, media pembelajaran
yang efektif, tidak adanya batas ruang dan waktu belajar. Computer adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam
proses pembelajaran. Karena dengan sarana pendidikan yang lengkap dan bermutu,
kualitas pembelajaran akan semakin baik, dan motivasi belajar siswa akan
meningkat. Hal itu akan berakibat pada peningkatan mutu
pendidikan.
Komputer
kini semakin maju , dan mudah dipakai. Yang tadinya berukuran besar, kini
semakin mengecil. Sampai bisa dibawa ke mana-mana. Yang semula sekedar untuk
membantu memecahkan hitung-hitungan rumit kini bisa dipakai untuk olah kata,
olah data, olah gambar, dan pangkalan data dalam berbagai bidang kehidupan.
Termasuk untuk keperluan pendidikan.
Komputer
merupakan satu alat elektronik yang kompleks dan mempunyai banyak kelebihan.
Komputer didapati sesuai untuk dijadikan alat untuk membantu
guru atau dosen dalam proses pengajaran ,serta membantu pelajar
mengerjakan tugas , karena komputer berkemampuan untuk menerima dan
memproses data dll .
Peranan komputer di bidang pendidikan diantaranya ialah
sebagai berikut :
Sebagai alat presentasi : dengan
bantuan sebuah proyektor kini komputer jinjing dapat digunakan
sebagai alat untuk mempresentasikan sebuah ide ataupun gagasan, biasanya banyak
digunakan dalam rapat pembangunan dan juga mahasiswa yang mempresentasikan
hasil penelitian mereka. Sebagai pengganti mesin ketik : Sekitar
tahun delapan puluhan sampai dengan tahun sembilan puluhan mesin ketik masih
menjadi andalan dalam menulis laporan ataupun menulis buku , namun disekitar
akhir tahun sembilan puluhan sampai sekarang posisinya digantikan
dengan komputer yang dikenal lebih simple dan lebih efektif.
Sebagai alat hitung: Di
dalam komputer tentunya akan sangat mudah dalam menghitung angka angka , banyak
sekali angkuntan yang menggunakan ms . excel dalam menghitung baik jumlah ,
rata rata dan juga pembagian.
Sebagai media komunikasi dengan masyarakat luas: internet adalah satuan dari kumpulan seluruh
komputer di dunia yang saling terhubung antara satu dengan yang lain, banyak
yang digunakan sebagai server , dan sat ini server terbaik di pegang oleh pihak
google yang juga website nomor satu di dunia dengan fasilitas mesin pencarinya,
setelah media yang bermanfaat terupload di server baik itu dalam bentuk Pdf
,html dan juga doc . dapat di akses oleh semua orang di dunia
selama server tetap menyala. Contoh
bentuk-bentuk pembelajaran dengan meggunakan komputer Ada
berbagai macam bentuk-bentuk pembelajaran dengan menggunakan komputer.
Contohnya adalah sebagai berikut :
a) Pembelajaran dengan menggunakan Microsoft
Word. Dengan memanfaatkan program Word, dapat diketik bahan
ajar yang menarik, menggunakan berbagai format tulisan, warna dan ukuran kertas
yang bervariasi. (schule.bayern.de). Pembelajaran dengan format PDF.
Biasanya format PDF digunakan untuk menyajikan berbagai macam bentuk presentasi
yang dilengkapi dengan suara dan gambar. Pembelajaran dengan memanfaatkan program Scan. Untuk
men-scan suatu gambar atau teks yang menarik yang akan digunakan sebagai
bahan ajar, komputer harus dilengkapi dengan alat scanner.
d) Pembelajaran dengan menggunakan tabel atau
grafik dengan memanfaatkan program PDF atau Microsoft
Office. Pembelajaran dengan menggunakan CD-ROM.
Dengan fasilitas CD-ROM dapat diputar film atau yang sejenisnya yang
berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. Tentu saja pelengkap
seperti loud-speaker atau headset juga diperlukan. Pembelajaran dengan menggunakan komputer yang
tersambung dengan internet. Apabila suatu komputer dapat tersambung dengan
jaringan internet, maka proses pembelajaran dapat diselenggarakan
secara online dan materi ajar terkini dapat diakses dengan cepat dan
seketika.
PERAN KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN
Menurut
Gagne dan Briggs dalam Rosenberg (2000), komputer dapat digunakan sebagai media
pembelajaran karena memiliki kelebihan dari media pembelajaran yang lain dan
memiliki fungsi antara lain sebagai berikut :
- Hubungan Interaktif : Komputer dapat menjembatani hubungan komunikasi antara dua orang atau lebih. Komputer dapat memunculkan ide-ide atau wacana baru dan meningkatkan minat terhadap media.
- Pengulangan : Pengguna komputer terutama mahasiswa atau dosen dan guru dapat mengulang materi atau bahan ajar dengan metode yang menarik yang telah disediakan komputer seperti musik, video, atau microsoft office.
- Feedback and Reward : Dengan komputer guru atau dosen dapat memberikan saran atau perbaikan dan tentu saja pujian kepada mahasiswa yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Saran dan pujian ini dpaat disampaikan secara online dan seketika sehingga mahasiswa yang lain dapat mengetahui saran, perbaikan dan pujian tersebut yang tentunya juga dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan potensi diri terutama dalam pembelajaran
Peranan atau manfaat teknologi komputer di dunia pendidikan yang
diantaranya adalah e-learning :
a. Lebih mudah mendapatkan materi atau
informasi
Jika kita menggunakan sistem pembelajaran berbasis e-learning, kita akan lebih mudah untuk mencari dan mendapatkan materi atau info. Tinggal ketik apa yang kita cari, tunggu sebentar, kita langsung dapat materinya.
Jika kita menggunakan sistem pembelajaran berbasis e-learning, kita akan lebih mudah untuk mencari dan mendapatkan materi atau info. Tinggal ketik apa yang kita cari, tunggu sebentar, kita langsung dapat materinya.
b. Bisa mendapatkan materi yang lebih banyak
Kita bisa mendapatkan banyak sekali materi, tidak hanya dari dalam negeri, bahkan kita bisa mencari materi yang berasal dari luar negeri yang tentunya akan menambah wawasan bagi kita dan juga bisa untuk meningkatkan hasil belajar kita.
Kita bisa mendapatkan banyak sekali materi, tidak hanya dari dalam negeri, bahkan kita bisa mencari materi yang berasal dari luar negeri yang tentunya akan menambah wawasan bagi kita dan juga bisa untuk meningkatkan hasil belajar kita.
c. Pembelajaran lebih efektif dan efisien waktu dan tenaga
Jika ada tugas, kita bisa mencari bahan yang kita butuhkan dengan cepat. Tidak harus ke sana ke mari untuk mendapatkan bahan yang kita butuhkan. Tinggal duduk di depan komputer atau laptop, lalu cari yang kita butuhkan. Setelah itu, susun tugasnya dan selesai.
Jika ada tugas, kita bisa mencari bahan yang kita butuhkan dengan cepat. Tidak harus ke sana ke mari untuk mendapatkan bahan yang kita butuhkan. Tinggal duduk di depan komputer atau laptop, lalu cari yang kita butuhkan. Setelah itu, susun tugasnya dan selesai.
d. Dapat berinteraksi langsung dengan
siapapun Seorang mahasiswa bisa
saja bertanya pada temannya materi apa yang diajarkan hari ini atau tugas apa
yang diberikan, jika hari itu dia tidak bisa berangkat karena suatu alasan. Dia
juga bisa bertanya langsung pada dosennya apa materi yang diajarkan tadi atau
tugas apa yang diberikannya. Dalam berinteraksi, dia bisa menggunakan media
tulisan. Dia mengetik apa yang akan dibicarakan atau ditanyakan kemudian
dikirim ke alamat yang dituju. Dia juga bisa berinteraksi langsung, bisa
bertatap muka dan berbicara langsung dengan orang yang diajak bicara. Karena
kemajuan teknologi, sekarang hal itu bisa terjadi dengan alat yang bernama
webcam.
e. Bisa tahu materi atau tugas lebih
awal
Mahasiswa bisa melihat jadwal atau tugas yang diberikan oleh dosennya yang sudah di upload. Jadi, mahasiswa sudah tahu apa yang akan dilakukan hari ini dan dapat mempersiapkannya lebih awal.
Mahasiswa bisa melihat jadwal atau tugas yang diberikan oleh dosennya yang sudah di upload. Jadi, mahasiswa sudah tahu apa yang akan dilakukan hari ini dan dapat mempersiapkannya lebih awal.
D. PENGAJARAN
BERBANTUAN KOMPUTER
Dengan
berkembangnya teknologi e-media, sebagai media pendiddikan, maka
sarana dan prasarana untuk pemanfaatannya juga berkembang, salah satu sarana
tersebut adalah komputer. Pengajaran berbatuan komputer merupakan suatu usaha
yang dilakukan oleh para ahli sejak beberapa dekade yang lalu, karena dengan
batuan komputer ini proses pengajaran berjalan lebih interaktif dan membantu
terwujudnya pembelajaran yang mandiri. Dengan perkembangan teknologi komputer ini,
maka metode pendidikan juga berkembang, sehingga proses pengajaran berbantuan
komputer ini maju terus menuju kesempurnaannya, namun secara garis besarnya,
dapat dikatergorikan menjadi dua, yaitu computer-based training
(CBT) dan Web-based training (WBT).
§ Computer-based Training (CBT)
CBT
merupakan proses pendidikan berbasiska komputer, dengan memanfaatkan media
CDROM dan disk-based sebagai media pendidikan. Dengan memanfaatkan
media ini, sebuah CD ROM bisa terdiri dari video klip, animasi, grafik, suara,
multimedia dan program aplikasi yang akan digunakan oleh peserta didik. Dengan
CBT, proses pendidikan melalui classroom tetap dapat terlaksana,
sehingga interaksi dalam proses pendidikan dapat terus berlangsung, dibantu
oleh kemandirian peserta didik dalam memanfaatkan CBT.
§ Web-based training (WBT)
WBT sering juga diidentikkan
dengan e-learning, dalam metoda ini selain menggunakan komputer sebagai
sarana pendidikan, juga memanfaatkan jaringan Internet, sehingga seorang yang
akan belajar bisa mengakses materi pelajarannya dimanapun dan kapanpun, selagi
terhubung dengan jaringan Internet .
Secara
umum aplikasi komputer dalam bidang pendidikan terbagi menjadi dua, yaitu :
è Aplikasi non pengajaran
Dalam aplikasi non pengajaran terbagi menjadi empat, yaitu :
· CBE (Computer Based Education)
Bersifat menyeluruh, semua aplikasi komputer dalam pendidikan
dapat dikategorikan dalam bidang ini. CBE juga digunakan untuk
aplikasi-aplikasi bukan pengajaran, yang menunjang pendidikan, seperti:
mengolah data, mencatat kehadiran pengajar dan siswa, menyimpan arsip data
pribadi, dll.
· CAT (Computer Assisted Testing)
Ujian berbantuan computer, sebagai pengganti kertas ujian, tanya
jawab interaktif.
· CAG (Computer Assisted Guidance)
Komputer digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi yang
diperlukan untuk memberikan pengarahan kepada pemakai.
Informasi yang diperoleh tidak meningkatkan keahlian pemakai secara langsung,
tetapi dapat membantu pemakai dalam mengambil keputusan-keputusan tertentu.
· CMI (Computer Managed Instruction)
Komputer digunakan untuk merencanakan kuliah, dan dapat digunakan
untuk memantau prestasi siswa dan membuat laporan secara teratur.
è Aplikasi pengajaran , Terbagi menjadi tiga,
yaitu:
· CAI (Computer Assisted Instruction), Jenis
Aplikasi CAI :
° Latih dan Praktek (Drill and Practice) : Menguji tingkat pengetahuan siswa.
° Penjelasan (tutorial) : Untuk materi ajaran baru, siswa dapat
berinteraksi dengan komputer.
° Simulasi : Digunakan untuk mengkaji permasalahan yang rumit.
° Pemainan (game) : Agar bisa mendapat pengetahuan dengan
santai.
· Metode pengajaran logo
Menggabungkan
3 bidang ilmu : Kecerdasan buatan, psikologi & Ilmu
komputer. Dikembangkan oleh Seymour Papert dan partner.
Tujuan pengembangan :
° Membuat berbagai model metode belajar.
° Berinteraksi dengan model untuk memperbaiki
hasil yang sudah dicapai.
° Mengembangkan cara untuk meningkatkan perasaan
ingin belajar
° Metode pengajaran LOGO
° Dibantu & mencari jalan sendiri.
· Metode pengajaran small talk – 80
Menggunakan jaringan komputer (tiap komputer disebut OBJECT).
Kelebihan : fasilitas grafis berkemampuan tinggi dan siap pakai.
Pemakai tidak perlu mengerti aspek teknis komputer, cukup
pengetahuan dasar logika sehingga komputer mengarahkan mereka dengan cara yang
mudah dimengerti.
Komputer
sebagai alat pelajaran mempunyai sejumlah keuntungan :
1. Dapat
membantu murid dan guru dalam pelajaran. Karena komputer itu "sabar,
cermat, mempunyai ingatan yang sempurna", ia sesuai sekali untuk latihan
dan remedial teaching. Tak ada guru yang dapat memberi latihan tanpa
jemu-jemunya seperti komputer.
2. Memiliki
banyak kemampuan yang dapat dimanfaatkan segera seperti membuat hitungan atau
memproduksi grafik, gambaran dan memberikan bermacam-macam informasi yang tak
mungkin dikuasai oleh manusia manapun.
3. Sangat
fleksibel dalam mengajar dan dapat diatur menurut keinginan peneliti pelajaran
atau penyusunan kurikulum.
4. Mengajar
oleh guru dapat saling melengkapi. Bila komputer tidak dapat menjawab
pertanyaan murid dengan sendirinya guru akan menjawabnya. Adakalanya komputer
dapat memberi jawaban yang tak dapat segera dijawab oleh guru.
5. Komputer
dapat pula menilai hasil setiap pelajaran dengan segera.
Selain
keuntungan di atas komputer memiliki beberapa peran dalam penggunaannya di
bidang pendidikan antara lain :
1. Penggunaan komputer sebagai super kalkulator.
2. Penggunaan komputer untuk mengajar komputer dan
memprogram dengan komputer.
3. Penggunaan komputer sebagai alat bantu langsung
dalam prosesbelajar mengajar.
4. Mode tutor pengganti.
5. Mode laboratorium simulasi.
6. Peranan komputer dalam bidang administrasi dan
manajemen.
7. Penggunaan komputer sebagai pusat data.
Dahulu
fasilitas pendidikan hanya kita peroleh melalui Sekolah, dan selain di sekolah
informasi pendidikan dapat kita peroleh melalui media Radio, Televisi,
Koran, dan tempat-tempat kursus. Dengan menggunakan Komputer yang terhubung
dengan Internet ataupun tidak kita dapat memperoleh pendidikan dan Ilmu
pengetahuan, antara lain :
v Dari aplikasi yang kita Install. Setiap aplikasi yang
kita install pasti ada menu bantuannya (Help) yaitu tutorial cara menggunakan
program dan pelatihan.
v Aplikasi yang kita Install dapat membuat kita menjadi ahli dalam
beberapa bidang seperti : Adobe photoshope, dengan aplikasi ini
kita bisa menjadi seorang yang mahir bidang grafis, Power Point ;
dengan aplikasi ini kita menjadi seorang yang mahir di bidang persentasi, Autocad ;
dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir di bidang disain
arsitektur dll.
v Selain dari aplikasi yang kita install, bila kita terhubung dengan
Internet kita dapat memperoleh pendidikan atau Ilmu pengetahuan seperti :
“ Sejarah, Kebudayaan, Matematika, Sosial, Biologi,
Kedokteran atau Kesehatan, Ekonomi, Politik, Website Designe, Bahasa (segala
Bahasa dapat di peroleh), pengetahuan Agama dll ” .
· Dibidang pendidikan kedokteran dan kesehatan
Melakukan rontgen terhadap tubuh pasien sehingga
dapat diketahui apa penyakit dan penyebabnya, Diagnostik , terapi dan
perawatan, monitoring status pasien, Adminstrasi Rumah Sakit , Data base
karyawan Rumah Sakit , Laboratorium analisis kesehatan, penelitian dalam
bidangkesehatan, Penelitian dan pabrik Farmasi.
· Dibidang ekonomi
Metode
usaha dapat menggunakan apa saja termasuk komputer salah satunya. Komputer
dapat disewakan (rental komputer), dijadikan warnet, usaha percetakan, mengedit
video dan gambar, desain grafis untuk periklanan, install dan service software
(perangkat lunak), pembuatan website, kursus komputer dan masih banyak lagi
sarana usaha lainnya
· Penggunaan komputer dalam bidang Biologi
/ riset Adalah
untuk menginterpretasikan data-data biologi, misalnya informasi gen dari
berbagai makhluk hidup, mulai dari makhluk hidup tingkat rendah sampai makhluk
hidup tingkat tinggi.
· Penggunaan komputer dalam bidang militer Adalah
untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali. Untuk navigasi kapal laut dan
kapal selam, untuk melakukan simulasi peperangan, dan melakukan
pengiriman sandi-sandi rahasia militer.
Di dalam bidang pendidikan, komputer juga
mempunyai andil yang sangat besar di dalam memberikan informasi untuk beragam
usia. Beberapa fungsi komputer dalam bidang pendidikan diantaranya;
a. Sebagai Mencari Bahan Informasi
Dengan adanya komputer, setiap orang menjadi sangat mudah untuk mencari bahan informasi dalam bidang pendidikan. Seperti contoh, jika anda seorang sisawa dan membutuhkan referensi mengenai tugas - tugas yang dikerjakan, anda dapat menggunakan komputer via internet untuk mencari informasi yang diperlukan.
Dengan adanya komputer, setiap orang menjadi sangat mudah untuk mencari bahan informasi dalam bidang pendidikan. Seperti contoh, jika anda seorang sisawa dan membutuhkan referensi mengenai tugas - tugas yang dikerjakan, anda dapat menggunakan komputer via internet untuk mencari informasi yang diperlukan.
b. Untuk Media
Pembelajaran
Dunia pendidikan dapat semakin maju lagi dengan proses pembelajaran menggunakan teknologi komputer. Dimana banyak para pengguna yang dapat melakukan interaksi lebih nyata dan real seperti ketika melakukan presentasi menggunakan infocus. Berbeda jika anda melakukan hal tersebut secara manual, yang tentunya tidak akan tepat untuk memberikan informasi ke seluruh orang banyak.
Dunia pendidikan dapat semakin maju lagi dengan proses pembelajaran menggunakan teknologi komputer. Dimana banyak para pengguna yang dapat melakukan interaksi lebih nyata dan real seperti ketika melakukan presentasi menggunakan infocus. Berbeda jika anda melakukan hal tersebut secara manual, yang tentunya tidak akan tepat untuk memberikan informasi ke seluruh orang banyak.
c. Komputer Sebagai Tempat Penyimpanan
Data
Dengan adanya komputer, seseorang dapat dengan mudah menyimpan berbagai macam data - data dalam jumlah banyak namun dengan tempat yang lebih kecil. Cara ini tentunya lebih efektif ketimbang anda menyimpan data - data dalam bentuk berkas
Dengan adanya komputer, seseorang dapat dengan mudah menyimpan berbagai macam data - data dalam jumlah banyak namun dengan tempat yang lebih kecil. Cara ini tentunya lebih efektif ketimbang anda menyimpan data - data dalam bentuk berkas
d. Berkas
Kertas.
Selain dalam dunia pendidikan, manfaat besar lainnya dari komputer juga dapat anda temukan di dunia pekerjaan, bisnis, individu ataupun sebagai alat bantu penelitian - penelitian yang dilakukan.
Selain dalam dunia pendidikan, manfaat besar lainnya dari komputer juga dapat anda temukan di dunia pekerjaan, bisnis, individu ataupun sebagai alat bantu penelitian - penelitian yang dilakukan.
Secara
umum dapat dijelaskan peranan komputer atau ilmu teknologi pada pendidikan,
yaitu sebagai berikut:
IT/komputer digunakan sebagai alat bantu
penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Kenyataan ini terjadi karena pada
saat ini para instruktur di berbagai belahan dunia telah dan terus menerus
mengaplikasikan penggunaan IT sebagai bagian integral alins dan alongins di
dunia pendidikan. Penggunaan IT ini telah dikemas dalam kurikulum pendidikan
sehingga dalam prakteknya harus dilaksanakan. Alasan utama mengapa IT digunakan
sebagai alat bantu belajar mengajar karena kemampuannya untuk dapat menyajikan visualisasi
dan grafis bahkan menjembatani komunikasi antara komponen pendidikan secara
efektif dan efisien baik didalam maupun diluar kelas, tanpa ada batasan ruang
dan waktu.
v IT/komputer dijadikan salah satu prasarat komponen
manajemen pendidikan modern. Pemahaman ini diambil dari wacana bahwa semua
unsur terkait atau stake holder (instruktur, manajer, pimpinan, siswa,
pendukung pendidikan) dalam dunia pendidikan harus memahami dan mempunyai
ketrampilan pemanfaatan IT.
v IT/komputer mampu mentransformasikan data dalam
bentuk digital, audio visual, simulasi, gerak, dan realitas maya tergantung
dari kemampuan sumber daya alat dan konsep pendidikan yang diinginkan. Sehingga
pada saat ini telah ada konsep manajemen kelas virtual semacam Learning
Management System (LMS), materi-materi elektronik; fasilitas e-learning, e-
library, e-office, distance learning.
v IT/komputer bagi sebuah institusi pendidikan
dijadikan alat untuk melaksanakan fungsi manajemen pendidikan yang mampu
merencanakan, mengelola, melaksanakan fungsi pendidikan, pengkajian, evaluasi
dan pengembangan. Pengelolaan ini dapat dilaksanakan melalui program LMS,
blackboard, webwiz dst. Seorang manajer pendidikan mampu mengelola daftar hadir
siswa, merekam proses belajar, memberikan penugasan, memberi dan menerima
materi ajaran, mengirimkan materi evaluasi pendidikan, melaksanakan bimbingan
dan pengasuhan.
v Kemampuan
aplikasi IT/komputer yang
sudah dapat digunakan untuk menganalisa kinerja suatu institusi seperti kita
kenal; Executive Information System, Decision Support System, Expert System,
Management Information System. Hal ini membuat analisa kinerja institusi
pendidikan menjadi lebih mudah; contohnya adalah kemampuan anggota dalam
melaksanakan tugas yang diberikan oleh satuan atas dapat dimonitor secara
langsung apakah tugas terbsebut sudah dilaksanakan, dalam proses, atau idle.
v IT/teknologi sebagai budaya. Kenyataan ini muncul
sebagai akumulasi dari keenam peran diatas, mendasari pola kerja dan kinerja
satuan yang sudah menggunakan dan mengembangkan IT di lingkungan kerjanya. IT
merupakan tuntutan menajemen institusi modern, mau tidak mau IT harus ada,
digunakan, dan dikembangkan.
Manfaat komputer dalam pendidikan, yaitu:
a. Pendidik dapat memiliki variasi mengajar dengan
menggunakan komputer. Menurut Sudjana dan Rivai (1989) ada beberapa model
pembelajaran dengan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill and
practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving), model
simulasi (simulations), dan model permainan (game). Model pembelajaran ini
dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih
menarik.
b. Kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat
dengan adanya fasilitas komputer. Mereka dapat mengerjakan tugas - tugas dengan
kreatif melalui komputer karena komputer mampu menampilkan teks, warna, gerak,
suara, video, gambar dan lainnya.Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang
dengan adanya pendidikan yang berbasis teknologi. Siswa dapat menentukan jenis
atau arah pendidikan yang mana yang bermanfaat baginya untuk meningkatkan
kualitas pendidikannya.
d. Komputer adalah media atau alat bantu untuk
memudahkan pekerjaan. Akan tetapi, kunci terciptanya kualitas pendidikan yang
baik adalah dari dalam diri pengguna komputer tersebut baik pendidik maupun
peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan ketekunan dari peserta didik, untuk
belajar, komputer hanya akan menjadi benda mati atau pajangan yang tidak
memiliki manfaat.
Selain
dalam dunia pendidikan, manfaat besar lainnya dari komputer juga
dapat anda temukan di dunia pekerjaan, bisnis, individu ataupun sebagai alat
bantu penelitian - penelitian yang dilakukan. Demikianlah informasi mengenai
fungsi komputer untuk dunia pendidikan yang dapat kami informasikan, semoga
bermanfaat bagi anda. Ilmu Teknologi
(selanjutnya disebut: IT) merupakan sumber dari ilmu pengetahuan. Hal ini
terjadi karena komputer telah berhasil menjadi ”alat perekam cerdas” yang mampu
menampung semua informasi yang diberikan oleh pengguna dari seluruh dunia. Jadi
setiap kita menulis sesuatu di internet, maka komputer server utama akan
merekam seluruh informasi yang diberikan.